Memindai QR Code menggunakan Ponsel Android

Caranya memindai QR Code dengan ponsel Android biasanya memerlukan koneksi internet agar berfungsi untuk mendapatkan data yang ada dalam code tersebut.

1. Memindai dengan aplikasi kamera ponsel Android

Banyak ponsel Android memungkinkan pengguna memindai QR Code langsung dari aplikasi kamera. Dalam kebanyakan kasus, ini benar jika ponsel Anda menjalankan Android 9 atau yang lebih baru.

Untuk memindai QR Code dengan cara ini, cukup buka kamera dan arahkan ke QR Code selama beberapa detik—tidak perlu benar-benar mengambil foto. Jika ponsel dapat memindai QR Code dari aplikasi kamera, tautan akan muncul di layar.

Kemudian, dengan mengetuk tautannya akan membawa pengguna ke konten kode (seperti situs web atau halaman Google Play Store).

2. Memindai dengan Google Lens di Android

Google Assistant juga dapat memindai kode QR menggunakan alat yang disebut Google Lens, selama ponsel Anda menjalankan Android 8 atau lebih baru.

Untuk mengaktifkan ini, cukup gunakan Google Assistant (biasanya dengan mengucapkan “Hai, Google”, atau tekan lama tombol beranda), lalu ketuk ikon Google Lens. Ini terlihat seperti lensa kamera.

Cara memindai barcode dan kode QR via google di HP Android tanpa aplikasi :

  • Masuk ke Google Assistant dengan menekan tombol Home
  • Kemudian tap fitur Google lens
  • Arahkan kamera HP anda ke barcode atau QR code
  • Maka akan muncul sebuah lingkaran kecil di barcode atau QR kode
  • Tap ikon lingkaran tersebut

Sekarang anda sudah berhasil memindai kode QR atau barcode sendiri lewat google di HP Android. Seperti metode lain untuk memindai QR COde, Anda biasanya memerlukan koneksi internet agar berfungsi.

3. Memindai dengan aplikasi

Jika ponsel Anda menjalankan Android versi lama, atau mengalami masalah dengan metode di atas, Anda tidak kurang beruntung. Karena ada juga aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan Anda memindai QR Code.

Ada banyak pilihan yang tersedia, termasuk QR & Barcode Scanner, QR Code Reader and Scanner, dan masih banyak lagi. Cukup cari ‘pemindai QR Code’ di Play Store dan Anda akan disajikan dengan banyak pilihan opsi.

Cara Memindai barcode menggunakan aplikasi QR & Barcode Scanner di HP Android :

  • Pasang aplikasi QR & Barcode Scanner melalui playstore
  • Kemudian buka aplikasi tersebut
  • Pada menu Pindai, arahkan kamera ke kode QR atau barcode
  • Aplikasi ini langsung melakukan scanning
  • Tidak perlu menunggu waktu yang lama, kode QR atau barcode sudah berhasil dideteksi

Aplikasi ini cukup ringan karena ukurannya yang tidak terlalu besar. Meskipun begitu, aplikasi ini mampu melakukan scan ke semua jenis kode QR / barcode teks, link, produk, kontak, kalender, email, lokasi, kupon atau voucher, dan lainnya.

4. Memindai QR Code Tanpa Kamera

Untuk metode ini, anda tidak perlu memasang aplikasi aplikasi di ponsel android terlebih dahulu. Bahkan metode ini dapat memindai barcode tanpa membutuhkan kamera di HP Android anda.

Cara memindai QR Code yaitu :

  • Buka web browser seperti google chrome atau opera
  • Kemudian kunjungi situs web berikut onlinebarcodereader.com
  • Tekan Upload file lalu pilih gambar barcode atau QR anda
  • Selanjutnya tekan tombol Start
  • Tunggu proses hingga selesai
  • Terakhir anda akan diarahkan ke hasil scan barcode atau QR

Selain melalui galeri atau penyimpanan gambar, Anda juga dapat mengambil kode QR atau barcode untuk di scan melalui link. Jadi, cukup masukkan link gambar barcode atau QR anda lalu klik tombol start untuk memindai.

5. Memindai QR Code yang ditampilkan di layar

Secara umum, Anda akan lebih sering memindai QR Code eksternal dengan ponsel Anda. Tetapi bagaimana jika Anda menjelajahi web di ponsel dan melihat kode yang ditampilkan di layar Anda, apakah bisa memindainya?

Jika Anda menggunakan browser Google Chrome, Anda cukup menekan lama QR Code dan memilih ‘Cari dengan Google Lens’ dari menu yang muncul. Ini kemudian akan menampilkan URL yang ditemukan di dalam kode, dan memberi Anda opsi untuk mengikutinya.

Itulah beberapa cara yang coba untuk pindai kode QR dan barcode sendiri menggunakan HP Android saja.

Semoga bermanfaat.

Related Posts

Leave a Comment