Training Acid Gas Purification Modeling

Sour Gas adalah campuran gas (gas alam) yang memiliki kandungan H2S dalam jumlah yang signifikan. Sedangkan Acid Gas adalah campuran gas (gas alam) yang memiliki kandungan Gas yang bersifat asam dalam jumlah yang signifikan; dalam banyak kasus, yang dimaksud Gas yang bersifat asam antara lain adalah CO2 dan H2S. Jenis gas ini terdapat dalam konsentrasi yang beragam berdasarkan dari lapisan tanah mana gas tsb berasal. Asam yang dihasilkan bersifat korosif terhadap perangkat dan pipa. Oleh karenanya acid gas purification atau  pembersihan gas dari H2S dan CO2 adalah proses penting yang perlu dilakukan untuk merawat alat produksi.

Training Acid Gas Purification Modeling bertujuan untuk membantu peserta supaya dapat mengetahui akibat dari sour gas, kandungan-kandungan yang terdapat pada gas, dan mengetahui proses menghilangkan asam dalam gas alam.

ACID GAS PURIFICATION

Proses purifikasi gas H2S dan CO2 menjadi bagian yang amat vital dilaksanakan tujuan untuk menghindari korosi yang merusak perangkat pemipaan dan efek racun yang mematikan yang dibawa oleh gas tsb. Setelah dilepaskan oleh gas alam, gas H2S mengalami pembakaran yang salah satu hasil akhirnya adalah gas sulfur dioksida yang juga gas mematikan namun memiliki efek toksik dibawah H2S. Sedangkan H2S adalah gas toksik yang tak dapat ditoleransi kehadirannya di dalam gas alam yang akan digunakan sebagai bahan bakar. Jumlah H2S ini bisa sangat banyak karena pengaruh panas setelah mencapai permukaan. Bila larut dalam air maka akan menjadikan air sangat korosif sehingga merusak pipa, katup, dan bejana bertekanan lainnya. Gas H2S ini juga merusak sistem penyulingan dan butuh biaya yang sangat mahal untuk memperbaikinya.

Di sisi lain walaupun punya efek yang sama dengan gas H2S, gas CO2 tidak seburuk gas H2S. Namun demikian tetap harus dihilangkan karena punya dampak buruk berupa korosi terhadap perangkat logam. Terhadap gas alam, kehadiran CO2 memberikan dampak berkurangnya efek panas. Oleh sebab itu, volume gas CO2 dalam gas ditambahkan gas H2S merupakan volume total gas asam yang mesti dipisahkan. Istilah sour gas mengacu pada gas dengan isi kandungan H2S yang melampaui batas ambang industi.

SILABUS TRAINING (2 HARI)

  • Pengantar / Introduction
  • Apa sour Gas dan apa akibat dari sour gas
  • Penentuan Spesifikasi  kandungan asam dalam Gas
  • Proses-Proses  menghilangkan kandungan asam dalam Gas
  • Latar Belakang Pemilihan proses menghilangkan kandungan asam dalam Gas
  • Pemodelan  proses menghilangkan asam pada gas dengan absorsi menggunakan amine)
  • Critical Path dalam mendesain proses menghilangkan asam dalam Gas alam
  • Summary dan Feedback

PENDAFTARAN

Informasi lebih lanjut hubungi edukatama dengan contact person Riri (083806072080).

 

Daftar Online

Fields with (*) are compulsory.