Tips Sukses Menarik Pelanggan

Dalam sebuah bisnis pastilah ada yang namanya produk/jasa. Sebagai penjual Anda harus menggunakan strategi tertentu untuk meyakinkan dan menarik konsumen untuk membeli produk/jasa Anda. Oleh sebab itu menawarkan produk kepada konsumen tidak bisa dilakukan secara sembarang. Salah-salah bukannya tertarik, tapi bisa jadi konsumen tersebut malah berpaling dan membeli di tempat lain. Apalagi jika produk yang Anda tawarkan memiliki banyak kompetitor yang juga menjual produk serupa.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam meyakinkan konsumen, bukan berarti produk yang ditawarkan tidak berkualitas atau menarik. Tetapi mungkin strategi atau cara mempromosikan yang Anda lakukan kurang tepat, sehingga konsumen menjadi kurang berminat untuk membeli produk Anda.

Berikut langkah langkah agar pelanggan tertarik dengan produk anda:

1. Komunikasi yang baik

Sebagai penjual atau yang berhubungan langsung dengan konsumen, Anda harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. Karena hal ini penting supaya konsumen dapat mengerti dengan penjelasan produk yang Anda jual. Komunikasi yang baik antara lain : tata bicara yang halus, sopan, ramah dan tata karma yang baik.

2. Kualitas produk yang baik

Kualitas produk yang baik akan membuat konsumen puas dan kemungkinan yang lain mereka akan kembali membeli produk yang anda jual. Bukan hanya menjaga kualitas produk anda juga harus meningkatkan kualitas produk yang anda jual. Untuk itu Jangan lupa cek kembali produk yang anda jual apakah masih bagus atau sudah ada yang cacat ataupun sudah rusak

3. Diskon dan Bonus Voucher yang Menarik

Salah satu strategi marketing yang dapat dilakukan agar dapat menarik konsumen adalah memberikan promo berupa sebuah potongan harga. Siapa yang tidak menginginkan potongan harga? jawabannya tentu semua orang menginginkannya. Anda dapat mengganti promo yang ditawarkan sesuai dengan strategi marketing yang diinginkan. Promo-promo lain yang bisa digelar adalah ketika mengikuti musim, misalnya mendekati event hari raya. Anda dapat membuka promosi toko dengan diskon up to 50%. Berbagai promosi tersebut tentunya sangat membuat penasaran pelanggan sehingga konsumen tersebut setidaknya akan mampir dan melihat-lihat barang di toko Anda.

4. Menyediakan Free Produk

Free produk, tester, dan free trial adalah promo yang sering dicari oleh konsumen bahkan sulit untuk ditolak oleh konsumen. Sehingga yang perlu dilakukan adalah memanfaatkan kesempatan tersebut sebagai media promosi produk-produk Anda.

5. Melakukan testimony

Testimony adalah pendapat dari konsumen terhadap produk/jasa kita. Lakukan testimony tanyakan bagaimana dengan produk yang kita jual supaya membangun kepercayaan dengan konsumen. Karena jika banyak konsumen yang memberikan testimoninya baik positive manupun negative kita bisa mengetahui dan membangun perusahaan kita dengan baik.

6. Display Produk, tempat yang Kreatif dan pembuatan Logo yang unik

Desain took. Produk dan logo yang monoton, suram, dan kurang menarik cenderung akan dihindari oleh konsumen. Sesuaikan desain dan interior bisnis Anda dengan tema yang mengikuti perkembangan trend saat ini. Seperti yang kita ketahui, saat ini anak muda gemar berfoto di sebuah tempat baik itu cafe, restoran, dan tempat lainnya untuk kemudian mereka unggah di media sosial mereka. Hal ini merupakan “marketing tak terduga” yang dapat diharapkan bahkan tanpa mengeluarkan usaha yang cukup keras. Dengan kata lain, anak-anak muda tersebut yang akan memarketingkan tempat usaha Anda melalui media sosial mereka masing-masing. Tugas Anda sebagai pemilik usaha adalah membuat desain dan interior ruangan yang cukup menarik untuk difoto atau dijadikan sebagai photobooth corner. Tentunya desain yang lucu, unik, dan berbeda akan membuat konsumen penasaran untuk mengunjungi tempat tersebut.

7. Mengikuti Pameran

Ada baiknya Anda mengikuti pameran-pameran yang sering diadakan. Dengan mengikuti event off air seperti ini akan bermanfaat sebagai media promosi produk-produk Anda secara langsung kepada calon pembeli. Konsumen yang penasaran, tentu akan mampir dan bertanya-tanya tentang produk dan bisnis Anda di booth pameran.

8. Memberikan Garansi Maksimal

Setelah sukses menjual sebuah produk kepada konsumen, ada baiknya Anda tidak lantas lepas tangan terhadap konsumen tersebut. Konsumen perlu untuk diberikan pelayanan yang terbaik, bahkan setelah membeli barang. Memastikan memberikan garansi penuh terhadap barang akan membuat konsumen senang dan puas.

9. Update produk yang anda jual

Update beberapa produk lama terhadap produk terbaru dan lakukan penambahan beberapa item produk supaya pelanggan dapat memlih beberapa produk dan juga menarik konsumen yang baru.

Related Posts

Comments

Leave a Comment