Training Pengelolaan Lembaga Pelatihan Kerja (Sertifikasi Nasional)

Keberhasilan dari tujuan pembangunan nasional sangat ditentukan oleh peranan sumberdaya manusia (SDM) karena merekalah pelaku sesungguhnya pembangunan. SDM yang berkualitas hanya dapat dihasilkan melalui persiapan yang terencana dan sistematis, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, dengan memperhitungkan langkah-langkahnya secara efektif. Ada banyak cara meningkatkan kualitas sumberdaya manusia antara lain melalui : pendidikan, pelatihan kerja, pemagangan untuk mendapatkan pengalaman di industri. Untuk pengelolaan lembaga pelatihan kerja ada 3 hal yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan SDM yang memiliki daya saing :

  1. Standar kompetensi kerja,
  2. Pendidikan dan Pelatihan berbasis kompetensi.
  3. Sertifikasi Kompetensi.

Training Pengelolaan Lembaga Pelatihan Kerja yang dilaksanakan oleh Edukatama di Jakarta bertujuan agar peserta training dapat mengembangkan kompetensinya dalam melaksanakan kegiatan pelatihan sesuai kompetensinya, memastikan bahwa pelaksanaan program pelatihan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, serta mengembangkan sistem sertifikasi yang mendorong kompetensi profesi dalam kegiatan pelaksanaan pelatihan sekaligus membimbing peserta mendapatkan sertifikasi kompentensi BNSP.

SERTIFIKASI PENGELOLAAN BLK

Saat ini dibutuhkan tenaga terampil atau tenaga profesional yang memiliki sertifikasi kompetensi. Oleh karenanya, tidak cukup ijazah formal, seorang tenaga kerja mesti melengkapi dirinya dengan sertifikasi kompetensi yang diakui oleh masyarakat industri. Biasanya sertifikasi tsb adalah sertifikasi internasional atau sertifikasi yang diterbitkan oleh negara yang diluncurkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi yang telah terakdreditasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi atau BNSP. Hal yang sama juga diberlakukan terhadap profesi bidang kepelatihan atau training dimana individu trainer mesti memiliki sertifikasi kompetensi dalam mengelola lembaga pelatihan kerja.

Oleh karena itu, agar peningkatan daya saing SDM dapat tercapai maka implementasi untuk pengembangan standar kompetensi, pelaksanaan pendidikan atau pelatihan berbasis kompetensi maupun saat melaksanakan proses sertifikasi kompetensi, dipersyaratkan kemampuan individu yang dapat diukur. Keterukuran inilah yang kemudian dicantumkan dalam pengembangan standar kompetensi, kompetensi dalam menyampaikan pelatihan dan kompetensi ketika melakukan proses assesment. Seluruh kompetensi tsb pada dasarnya adalah kompetensi yang sifatnya metodologis dimana seluruh kompetensi tsb dibahas bersama dengan para stakeholder terkait seperti lembaga pelatihan, lembaga sertifikasi, asosiasi profesi, asesor, instruktur, dan profesional di bidangnya.

SILABUS TRAINING (3 HARI)

  • Melakukan Rekrutmen Calon SDM Pelatihan
  • Melakukan Pengorganisasian SDM Pelatihan
  • Menilai Kinerja SDM Pelatihan
  • Melaksanakan Administrasi SDM Pelatihan
  • Mengelola Bahan Pelatihan
  • Mengelola Media Pelatihan
  • Mengelola Peralatan Pelatihan
  • Mengembangkan Database Pelatihan
  • Mengembangkan Informasi Pelatihan Melalui Media Cetak
  • Mengembangkan Informasi Pelatihan Melalui Media
  • Mengembangkan Jejaring Kerjasama Kemitraan Antar
  • Lembaga/Perusahaan
  • Melaksanakan Pemasaran Program Pelatihan

PENDAFTARAN

Informasi lebih lanjut hubungi edukatama dengan contact person Riri (083806072080).

 

Daftar Online

Fields with (*) are compulsory.